TUTORIAL – GHOST UNTUK SEMUA MAINBOARD (LAPTOP & PC)

Assalamuallaikum..
Gimana kabarnye? Mudah-mudahan selalu sehat, Aamiin..
Udah lumayan lama ane ga nulis Tutorial.. Hehe..
Kali ini ane akan share Tutorial Ghost untuk semua Mainboard biar gak usah ribet inul (install ulang) dan Install Aplikasi manual gak ribet kok ikuti step by step nya ya..

Tapi sebelum mulai, udah pada tau belom Ghost itu apa,? Bukan setan yaa.. Setan mah yg buat dimakan yang hitam-hitam bentuk mirip nasi gitu..

“ Norton Ghost adalah salah satu aplikasi pelengkap atau biasa disebut Utility untuk membackup dan Restore Data Harddisk ke Harddisk atau media lain. Ghost juga memiliki fitur kompatibel dengan Hardware terbaru seperti kemampuan mengcopy pada SATA Device serta tambahan untuk melakukan Backup dan Restore melalui Networking (LAN). Fungsi Ghost adalah melakukan Backup atau Restore Harddisk baik untuk “stand alone” PC maupun antar Network. Anda dapat melakukan Backup partisi atau Disc melalui antar Komputer dengan mentranfer file ke Komputer lain didalam sebuah jaringan Network. “ (via: dode18btbl.blogspot.co.id)

Nah sekarang, yang harus di siapin :

  1. Berdoa
  2. PC/Laptop Anda yang ingin di Ghost
  3. CD / ISO /Bootable Flashdisk Windows All Version 10/8.1/7/XP
  4. Hiren Boot CD 15.2 / File Norton Ghost / WinPE

Link download :
Hiren Boot CD Versi Terakhir http://www.hirensbootcd.org/files/Hirens.BootCD.15.2.zip
Membuat file ghost menjadi 1 file atau partisi dengan cara System Reserved digabungkan dengan partisi Extend

Langsung aja masuk ke installan Windows Anda, perhatikan step by step nya ya..  😀

  1. Pilih [Custom: Install Windows only (advanced)] :
    01
  2. Lalu Muncul Pembagian partisi
    Pilih [New] & [Apply]
    Minimal Instal Windows 7/8/10
    Jika 64bit : 105 Gb
    Jika 32bit : 80 Gb Ini hanya optional ya tergantung kapasitas HDD yang Anda punya.. 😀
    Ingetin ya size HDD partisinya..
    02
  3. Jika Sudah Windows otomatis akan membuat “system Reserved” sendiri its magic hahaha.. 😀
    Nah ini paling penting untuk “system reserved” itu sizenya 500 MB
    Partisi menjadi 3 lihat pada gambar
    System reserved -> 500 MB
    Partition 2 ->106 GB
    Partion 3 -> 160 GBLalu Anda pilih [Delete] hapus partition 2 106 GB
    Bae.. Bae..! Jangan Data Anda yang di Delete.. 😀 . Ane gak tanggung hohoohoo…
    03
  4. Jika sudah, otomatis pada tab “Type” yang tadi “Primary” menghilang di telan bumi..
    Jika sudah begitu, kursor Anda pilih ke “System Reserved”
    Pilih [Extend]

    04

  5. System Reserved menjadi 1 partisi dengan Extend partisi yang tadi nya 500 MB menjadi 107 GB lalu klik [Next] pada System Reserved
    05
  6. Tungguin sampe 100% …
    06-
  7. Install Aplikasi pendukung yang Anda suka supaya pada saat di Restore dengan Norton Ghost aplikasi tersebut otomatis terpasang.. 😀
    Seperti: Winrar , NetFramework 3&4 , Plugin Web Java , Winamp , K-LiteCodecPack Dll..
    Semakin Anda isi aplikasi yang banyak semakin besar juga kapasitas file ghostnya.. 😀
    Ingat saat membuat ghost JANGAN INSTALL DRIVER DULU.07
  8. Tahap Finishing..
    Pilih Windows -> Run ( “logo Windows” + “R” pada Keyboard)
    08
    Jika sudah jalankan “sysprep” nya,
    Pilih [Enter System Out Of Box Experience (OOBE)] dan checklist [Generalize]
    dan Options Anda pilih [Shutdown] dan [OK].
    Kegunaan “sysprep” ialah fungsinya menghapus Registry dan System Driver pada Windows agar bisa terpasang disemua mainboard..
    09
  9. Jika sudah di Shutdown masukan USB Bootable Anda atau Hiren Boot CD Anda
    Ubah Booting ke Flashdisk atau CD Room Anda
    Jika di Hiren Boot CD
    Start Boot CD -> Backup Tool -> Norton Ghost -> Ghost [normal]
    Tampilan Dibawah
    Pilih Menu Local -> Partition -> To Image
    10
  10. Pilih Partisi Windows yang tadi Anda buat di C:
    Lalu pilih lokasi File Ghost Anda yang ingin di simpan..
    11
  11. Selanjutnya Akan muncul pesan kompresi Image File
    Jika pilih [No] : Anda gak mau mengubah File Windows sebenarnya
    Jika pilih [Fast] : Kompresi nya cepat , hasilnya kurang dari 30% file Windows sebenarnya
    Jika pilih [High] : Kompresi nya tinggi , hasilnya 60% dari File Windows namun prosesnya lamaSaran Saya, Anda pilih [High] soalnya jika tidak di Compress Image/File, Ghost-annya size cukup besar,
    bisa kisaran 14-20 GB tergantung aplikasi yang Anda isi..
    12
  12. Lalu pilih YES – Finish… 😀
    Sumber : http://treegeemadiun.blogspot.co.id
    www.forum-indoflasher.com

Gimana ?
Gampang kan ?
Selamat mencoba yaa..

Salam,
Plankton Computer

12 replies
  1. Febry
    Febry says:

    Ini bener membantu banget, dulu pkl di sini, dan lupa lagi cara ghost tapi berkat artikel ini jadi inget lagii makasihh ka, sukses selaluu

    Balas
    • admin
      admin says:

      Wahh ada alumni siswa pkl. Semoga ilmu yang di dapat di tempat kami selalu bermanfaat ya. Sering sering di pelajari lagi biar engga lupa. Semoga febry sukses terus ya kedepannya.

      Balas
      • Febry
        Febry says:

        Mas mau nanya dong, itu pake windows PE apa hirens ? Soalnya hirens yang 15.2 itu xp kalo yg windows 7 waktu saya pkl itu downloadnya dimana ? Itu hirens versi berapa mas ??

        Balas
  2. Febry
    Febry says:

    Mas mau nanya dong, itu pake windows PE apa hirens ? Soalnya hirens yang 15.2 itu xp kalo yg windows 7 waktu saya pkl itu downloadnya dimana ? Itu hirens versi berapa mas ??

    Balas
  3. Tri hajat
    Tri hajat says:

    Mas admin, mau tanya setelah saya lakukan langkah2 nya, dan image saya gunakan untuk recovery, kok malah muncul password untuk log on nya ya…

    Balas
  4. Badrun
    Badrun says:

    Ass…min…klo gho win7 mau di pasang di komputer yg suport usb3.0 sj apakah bisa? n klo mau instal win7 komputer yg suport usb3 agar keyboard dan mouse bs berfungsi bgmn caranya.? mf br belajar

    Balas
  5. Ridho Saputra
    Ridho Saputra says:

    Admin mau bertanya dong, ini Admin bikin sysprep nya dari partisi apa, GPT apa MBR, terus BIOS nya pakai mode apa, Legacy apa UEFI?

    Kalau misalkan saya bikin sysprep nya dari partisi MBR dengan bios mode Legacy, bisa gak di taro di komputer/laptop yang partisi nya GPT dengan BIOS mode UEFI?

    Balas
  6. Yuan
    Yuan says:

    Mas bos.. Tanya yah.. Td sy belom nge ghost, masuk windows lg yg sdh jadi.. Kok gk bisa yah tampil logo windows aja,ada perintahnya restart..apakah memang gt tah,atau sy jadikan ghost dulu.. Tlng infonya

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *